LightBlog

Bahagia HMI! Negara Berikan Gelar Pahlawan Nasional Pada Pendiri HMI Lafran Pane.



SUARAPELAJAR.COM SAMARINDA. Kemarin (9/11/17) menjelang Hari Pahlawan 10 November merupakan hari bersejarah bagi Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Dimana pendirinya Prof.Drs.H. Lafran Pane di anugrahi oleh Negara sebagai pahlawan nasional. Prosesi penganugrahan langsung di pimpin Presiden Joko Widodo di istana negara.

Kebahagiaan dan rasa syukur pun di rasakan oleh seluruh kader HMI, salah satunya di sampaikan oleh Erlyando Saputra Ketua Umum Badko HMI Kaltim Kaltara. Kami keluarga besar HMI tentu sangat berbahagia dan bersyukur atas di anugrahi Ayahanda Lafran Pane sebagai pahlawan nasional. Ujarnya.




Terang Erlyando, Ayahanda Lafran Pane layak menjadi pahlawan nasional karena kontribusinya untuk umat dan bangsa. Lafran Pane telah membangun satu organisasi yang memiliki jiwa keislaman dan jiwa keindonesiaan. Yang berbasiskan mahasiswa. Pada zaman itu islam dan nasionalisme sering di perhadapkan pada axis ideologi yang saling bertentangan.

Jangan di samakan mendirikan organisasi islam sekarang dan dulu, banyak tantangan dan tekanan yang mengiringi berdirinya HMI. itu bisa di lihat dari fakta sejarah, HMI pernah akan di bubarkan di awal berdirinya oleh PMY dan CGMI sayap PKI, menjelang turbulensi politik 65 hingga penerapan Azas tunggal 1985. Kata Erlyando

Jelasnya lagi, HMI berdiri 5 Februari 1947 dan masih eksis sampai hari ini, ibarat sebuah rumah hanya yang memiliki pondasi yang kokohlah yang bisa bertahan, pondasi yang kokoh itulah yang telah di susun pendiri HMI yaitu Ayahanda Lafran Pane.

Lanjutnya, Kami sangat berterima kasih atas perjuangan HMI - KAHMI yang telah berjuang menggalang dukungan terkhusus buat kakanda Akbar Tandjung beliau turun ke daerah daerah untuk mendorong diskursus dan seminar seminar tentang Ayahanda Lafran Pane. Termasuk Samarinda dan Tarakan sempat menjadi beberapa tempat yang menjadi tuan rumah seminar Lafran Pane.

Diketahui berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/Tahun 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, ada 4 (empat) orang yang di kukuhkan sebagai Pahlawan Nasional yaitu : Almarhum Lafran Pane, Almarhum TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Almarhumah Laksamana Malahayati, Almarhum Sultan Mahmud Riayat Syah. (mas)
Share on Google Plus

About suara pelajar

0 komentar: