LightBlog

Rakor KNPI Kaltim berlanjut, ajak pemuda bersatu!

Rakor DPD KNPI se-Kaltim di Lantai III Setkab Kubar
SENDAWAR. SUARAPELAJAR.COM. Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Pimpinan Daerah, Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI), yang diikuti sepuluh kabupaten dan kota se Kalimantan Timur, dengan tema “Kita Semua Satu, Pemuda Kalimantan Timur.

Pelaksanaan rakor di Kubar ini semula dijadwalkan menggelar simposium yang dihadiri Pangdam VI Mulawarman dan rektor perguruan tinggi di Kaltim akhirnya batal terlaksana.

“Ada salah komunikasi antara DPD KNPI Kaltim dan pihak Pangdam sehingga symposium batal terlaksana,” kata Arief.

Rakor itu dilaksanakan usai memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP ke-89) di Taman Budaya Sendawar (TBS).

Rakor itu dipimpin langsung Ketua Harian KNPI Kaltim Arif Rahman Hakim, didampingi Ketua DPD KNPI Kubar FX Sumardi, dan Koordinator Daerah KNPI Kubar dan Mahulu, diikuti pengurus DPD KNPI 10 kabupaten/kota, yang berlansung di lantai III Setkab Kubar, Sabtu (28/10), pukul 11.00 hingga 13.00 WITA.


Ketua Harian KNPI Kaltim, Arif Rahman Hakim mengatakan, kegiatan Rakor ini merupakan salah satu kegiatan yang ada di anggaran dasar rumah tangga KNPI.

Dalam kegiatan ini, disamping membahas hasil kongres Papua yang dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora), juga dilaksanakan pelantikan pengurus baru DPD KNPI Kubar masa bakti 2016-2019, yang dilaksanakan Sabtu malam Minggu di TBS.

“Kami merasa berhutang kepada Pemkab Kubar khususnya Bupati, FX Yapan, S.H, yang awalnya kami telah memohon ijin akan dilaksanakan Simposium 2017 di Kubar," tuturnya.

"Namun tak menyurutkan semangat pemuda KNPI se-Kaltim, untuk tetap melaksanakan peringatan HSP ke-89, dan Rakor pemuda yang diikuti DPD KNPI 10 kabupaten/kota se-Kaltim, dan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus DPD KNPI Kubar,” ungkap Arif dalam keterangan persnya di lantai III Setkab Kubar kemarin.

Selain itu, terselenggaranya Rakor ini juga dalam rangka menunjukkan kepada seluruh masyarakat serta pemerintah bahwa generasi muda Kaltim yang ada, berkonsolidasi dengan KNPI di daerah.
“Kita ingin menunjukkan bahwa kita ada dan aktif. Buktinya dalam kegiatan ini semua DPD KNPI 10 kabupaten/kota hadir,” tandas Arif.

Dijelaskannya, dalam keputusan Rakor tersebut, menghasilkan rokomendasi. Pertama : Mengingatkan kepada pemerintah provinsi Kaltim dan pemerintah kab/kota sekalimantan timur untuk segera menghentikan proses pembiaran terhadap perpecahan kepemudaan kelembagaan KNPI di Kalimantan Timur.

Kedua : Menghadapi Pilgub Kaltim 2018, DPD KNPI Kab/Kota Se Kalimantan Timur menyerukan kepada seluruh pihak-pihak yg berkeinginan untuk maju sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur kaltim, agar mengedepankan politik santun yg elegan tanpa saling manjatuhkan lawan poltiknya demi kondusifitas di Kaltim.

KNPI akan mengawal diseluruh daerah untuk terus mengkampanyekan Pilgub yang santun dan etis, serta meminta kepada semua pihak agar berhenti untuk menggunkan fasilitas negara dan atau segera meletakkan jabatannya, demi tujuan politik yg akan memicu pertikaian, konflik dan frustasi sosial yang berkepanjangan di Kaltim.


Ketiga : Meyerukan kepada segenap pemuda Kaltim, untuk menjaga persatuan dan kesatuan dengan menambahkan semangat sumpah pemuda. Satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air Indonesia, “ungkap Arif Rahman Hakim.(hdt)
Share on Google Plus

About suara pelajar

0 komentar: