LightBlog

Hari Santri Nasional, Anies: Bersyukur Orang Tua Kita Memilih Berjuang

JAKARTA, suarapelajar.com – Santri of the Year sukses diselenggarakan di Gedung Galeri Nasional, Jl. Medan Merdeka Timur NO. 14 Jakarta Pusat, Ahad (22/10). Acara yang merupakan bentuk apresiasi bagi capaian para Santri Nasional ini dihadiri kurang lebih 300 orang tokoh dari berbagai pesantren, para nominator penghargaan, serta para tokoh Nasional yang banyak diantaranya berlatar belakang santri.
Acara ini merupakan rangkaian perayaan Hari Santri Nasional untuk mengenang Resolusi Jihad Nahdhatul Ulama 22 Oktober 1945 sebagai pencetus peristiwa heroik Surabaya 10 November.
Sebagai penggagas Santri of The Year 2017Islam Nusantara Center (INC) memberikan penghargaan ini untuk menemukan dan menampilkan tokoh/figur santri yang telah memberikan sumbangsih prestasi dalam bentuk gagasan inovatif dan sekaligus kerja dan karya nyata bagi pembangunan bangsa dan negara. Hal ini diharapkan membangkitkan motivasi dan memberikan suri tauladan bagi generasi muda serta masyarakat.
Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan saatnya generasi sekarang membuktikan pada orang tua yang pada masa lalu telah berjuang dengan menghibahkan tenaga, pikiran, darah, air mata, bahkan nyawa, bahwa perjuangan pendahulu tersebut akan diteruskan.
“Kita patut bersyukur karena generasi Orang Tua kita dahulu memilih untuk berjuang. Hari ini kita menikmati perjuangan mereka,” kata Anies.
“Dahulu Hadratusyaikh KH Hasyim Asyari mengeluarkan Resolusi Jihad untuk menghadapi kekuatan kolonial yang ingin menjajah kembali. Sehingga jihad yang dibutuhkan adalah turun tangan langsung. (Apa jadinya) Kalau waktu itu kita berfikir bahwa mempertahankan kemerdekaan itu adalah tanggung jawab pemerintah. Mari kita serahkan urusan pada Kementerian Pertahanan untuk berperang melawan Belanda. Kami semua menonton semoga menang, kalau kalah akan kami kritik. Kalau menang kami puji. Sekarang seringkali seperti itu kalau ada masalah.”
Anies bersyukur waktu itu serentak rakyat berjuang, dengan alat komunikasi yang belum secanggih sekarang, puluhan ribu orang serentak turun tangan terlibat menghalau kekuatan asing dari Surabaya. Hal tersebut kontekstual untuk tantangan bangsa kita hari ini, dimana santri berperan penting pada tahun 1945 sekaligus 2017 melalui pemberian penghargaan ini.
Gubernur DKI Jakarta menyambut baik inisiatif Islam Nusantara Center yang memberikan penghargaan Santri of the Year. Menurut Anies, kriteria pemberian penghargaan ini pada bidang-bidang yang cukup lengkap.
Pemilihan Santri of The Year 2017, dilakukan dengan cara voting melalui website resmi INC, jaringansantri.com. Terdapat lebih dari 1,5 juta pengunjung website yang mengikuti voting. Ini merupakan bagian dari kepedulian masyarakat terhadap peran besar dunia santri. Santri dan pesantren yang masuk dalam nominasi Santri of The Year 2017, antara lain:
Nominasi Santri Inspiratif Bidang Dakwah : – KH Anwar Zahid (Bojonegoro Jawa Timur) – Ustadzah Mamah Dedeh Rosyidah (Jakarta)- Ustadz Abdul Shomad, Lc, MA (Riau).(sumber:seruji.co.id)
Share on Google Plus

About IMSA Etam

0 komentar: