LightBlog

Pelajar Indonesia Borong Medali Debat International di Amerika


suarapelajar.com Prestasi mendambakan kembali diraih para pelajar asal Indonesia diajang kompetisi debat internasional Tournament of Champion di Univeristas Yale, Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung sebanyak 179 medali diraih para peserta dalam ajang tersebut.
Dari toral sebanyak 18 pelajar SD, SMP, dan SMA dinyatakan lolos ke final kompetisi yang terbagi ke dalam 6 tim. Lanjutan kompetisi itu akan dilangsungkan pada November 2017 nanti.
Mereka lolos ke final setelah meraih 62 medali pada babak regional di Hanoi, Vietnam dan 117 medali di Athena, Yunani awal tahun ini. Direktur Global Sevilla School Robertus Budi Setiono mengatakan, capaian tersebut merupakan buah prestasi yang diusahakan selama 4 tahun.
“Prestasi yang sangat membanggakan bagi sekolah dan tentunya bangsa Indonesia. Saat mendengar kabar bahwa anak didik kami mampu meraih 2 penghargaan tertinggi karena menjadi tim yang terbaik di Asia Tenggara,” kata Robertus di Jakarta, Sabtu 5 Agustus 2017.
Ia menuturkan, kompetisi debat tersebut merupakan ajang lanjutan dari World Scholar’s Cup (WSC). Pelajar SD Global Sevilla mampu meraih 62 medali, sedangkan pelajar SMP dan SMA memboyong 117 medali dan 7 tropi.
“WSC adalah wadah untuk memberikan kesempatan bagi anak didik untuk dapat mempraktekkan ‘mindfulness’ secara nyata, karena tanpa ‘mindfulness’ anak-anak akan sulit menghadapi tekanan dalam perlombaan ini yang mana menuntut mereka untuk mampu menggali informasi ilmiah dalam mengolah pendapat mereka,” ucapnya.
Pengalaman dan wawasan
Ia menyatakan, turnamen debat dunia dapat memberikan banyak pengalaman dan wawasan. Para pelajar harus belajar mengendalikan diri, menjunjung kejujuran dan rasa percaya diri yang tinggi. “Melawan rasa takut untuk malu dan takut untuk kalah,” ujarnya.
Ia menyatakan, prestasi tersebut tidak lepas dari dukungan orang tua siswa. “Dengan dukungan besar dari orang tua dan semangat juang dari anak-anak, Global Sevilla School siap mengukir prestasi yang membanggakan bagi bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.(gun/pr) (sumber: supel.id)
Share on Google Plus

About IMSA Etam

0 komentar: