LightBlog

Agar Literasi Tak Selalu Membosankan, Sahabat Pelajar Jatim Adakan Malam Puisi Di Jember



Suarapelajar.com Jember, 12/8 – Jika malam minggu digunakan untuk sekedar bersenang-senang dan bersantai bagi sebagian orang, namun berbeda dengan yang dilakukan para pelajar dari komunitas ini. Sahabat Pelajar Jawa Timur yang diprakarsai oleh Pelajar Islam Indonesia Jawa Timur dan Jember, bersama dengan beberapa komunitas di Jember mengadakan kegiatan “Sajak Negeriku”. Sajak Negeriku adalah kegiatan malam puisi yang dibawakan oleh perwakilan-perwakilan dari komunitas di Jember. Selain itu, setiap peserta yang mengikuti acara ini juga berdonasi buku dan dana untuk Bakti Sosial Literasi yang diadakan Sahabat Pelajar pada 19 Agustus di Jember juga.
Kegiatan ini berlangsung seru, diadakan di tempat lapang di depan double way UNEJ (Universitas Jember), perwakilan komunitas dan beberapa pengunjung membacakan puisi, dibawah lampu temaram dan beratap langit malam. Diiringi suara biola dan gitar oleh tim akustik Sahabat Pelajar, membuat suasana malam puisi semakin romantis. Para perwakilan komunitas membawakan puisi dengan penuh penghayatan. Jenis puisi yang dibacakan beragam, mulai dari puisi perjuangan, sosial, alam, ketuhanan, persahabatan, hingga cinta. Selain itu, juga ada sesi sharing literasi tentang literasi di Jember dan motivasi Literasi oleh Kak Nurul Hidayat, salah satu pegiat literasi yang sudah mendirikan banyak “Kampung Baca” di Jember. “Membaca dan menulis adalah kebutuhan yang sama pokoknya seperti bernafas. Setiap hidup kita tidak pernah lepas dari membaca dan menulis. Membaca tidak selalu buku, tapi membaca simbol-simbol alam sebagai tanda kebesaran Tuhan”, ungkap pria pemilik komunitas Kedai IMAJI ini.
Sajak Negeriku dihadiri oleh puluhan pelajar dan mahasiswa di Jember, selain itu beberapa pegiat literasi dan penikmat puisi juga turut serta. Selain didukung Pelajar Islam Indonesia (PII) sebagai pencetus komunitas Sahabat Pelajar, acara ini juga didukung dan dimeriahkan oleh Forum Anak Jember (FAJ), Green Generation Jember (GGJ), Teater Q Sa SMAN 1 Jember, KIR SMAN 1 Jember, GMDM Jember, Yayasan Syarif Hidayatullah Jember, Lembaga Studi Islam dan Lingkungan (Bastling) FEB UNEJ, dan Kedai IMAJI. Selain itu juga terdapat beberapa pembaca puisi dari pelajar SMAN 4 Jember dan SMAN 5 Jember.
Sajak Negeriku ini merupakan rangkaian kegiatan “Gerakan Merdeka Literasi” yang puncaknya akan diadakan pada 19 Agustus 2017 di Jember juga. Di moment HUT Republik Indonesia ke 72 ini, Sahabat Pelajar ingin turut berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan di Indonesia. Melalui gerakan ini, Sahabat Pelajar ingin menyampaikan, nyatanya masyarakat Indonesia belum benar-benar mereka dalam hal Literasi. Sebuah Penelitian dari Program for International Student Assesment (PISA) menyatakan bahwa peringkat Literasi Indonesia ada di urutan 60 dari 61 negara. Bahkan UNESCO pada 2012 melansir bahwa hanya ada 1 dari 1000 orang Indonesia yang mempunyai minat baca. Padahal literasi adalah salah satu faktor terpenting penentuan kemajuan peradaban sebuang bangsa. Gerakan Merdeka Literasi berupaya untuk menyadarkan akan pentingnya literasi, juga membantu menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar dengan cara mengadakan festival-festival literasi dan menyediakan aksebilitas buku dan media literasi.????(sumber: Supel.id)
Share on Google Plus

About IMSA Etam

0 komentar: