LightBlog

KITA PANDAI BERDOA TAPI BELUM PANDAI MEREALISASIKAN DOA.







suarapelajar.com Oleh. Sofyan Hasdam. (Mantan Walikota Bontang)

Bagi ummat Islam sedikitnya shalat lima kali sehari semalam yang selalu didahului dengan berwudhu. Dalam setiap wudhu, doa yg dimohonkan kepada Allah agar kita digolongkan orang2 yang taubat dan golongan orang yang bersih.
Doa yg diucapkan tersebut selain mengharapkan  agar dikabulkan oleh Allah , juga perlu upaya untuk merealisasikannya dalam kehidupan kita. Ketika kita memohon agar digolongkan orang yg bersih, tentu memerlukan upaya agar kita berperilaku bersih, tidak membuang sampah sembarangan dll.

Ketidak mampuan kita untuk berperilaku bersih , menimbulkan berbagai masalah utamanya dalam bidang kesehatan. Muncullah berbagai penyakit yg berbahaya seperti demam berdarah, diare, malaria , dll.
Didalam Al- quran Allah berfirman bahwa Allah tdk akan merubah nasib suatu kaum kalau bukan kaum itu sendiri yg berusaha memperbaiki nasibnya.

Akibat dari perilaku kita yang tidak bersih sehingga angka penyakit infeksi di negara kita yang masih tinggi yang seharusnya sudah bisa kita tekan. Jika semua umat beragama telah mampu melakukan pola hidup bersih niscaya pola penyakit dinegara kita sepenuhnya telah berada pada pola penyakit negara maju dimana yg menonjol bukan lagi penyakit infeksi namun penyakit jantung, pembuluh darah, dementia, alzheimer dan lain- lain.
Oleh karena itu salah satu tugas para pemuka agama adalah membangkitkan kesadaran dikalangan umat agar mereka jangan hanya mampu berdoa namun juga mampu berupaya merealisasikan doanya.
Share on Google Plus

About suara pelajar

0 komentar: