LightBlog

Syarikat Islam Tegaskan Ekonomi Sebagai Jalur Dakwah


SUARAPELAJAR.COM, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Syarikat Islam (SI), Hamdan Zoelva mengingatkan, ekonomi merupakan jalur dakwah yang sudah diamanatkan. Termasuk, oleh dua tokoh bangsa Hos Tjokroaminoto dan Soekarno.

"Makanya, Tjokroaminoto dan Soekarno sering bicara kalau kita jangan sampai cuma jadi kuli di negeri ini," kata Hamdan saat memberi sambutan, Jum'at (12/5).

Bahkan, lanjut Hamdan, Islam sendiri masuk ke Indonesia bukan menggunakan senjata tapi melalui jalur ekonomi. Hal itu justru yang dia rasa membuat dakwah Islam bisa sangat tersebar luas ke seantero Nusantara.

Hamdan mengingatkan, pada masa pemerintahan Belanda dan VOC ekonomi Indonesia benar-benar dimatikan, dan cuma kelompok Timur Asing dan Thionghoa yang diizinkan. Maka itu, kebebasan ini harus dimanfaatkan memajukan ekonomi.

"Sejak kongres, kita sudah sepakat mengembalikan asas Syarikat Islam di jalur dakwah sosial ekonomi, wujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Hamdan.

Untuk itu, walau didasari Islam, ia meminta DPW-DPW Syarikat Islam tidak sibuk mengurusi persoalan fikih. Menurut Hamdan, sudah banyak ormas-ormas Islam di Tanah Air yang mengurusi itu, dan tidak perlu ikut-ikutan.

"Biarkan masing-masing menjalankan ajaran Islam sesuai fikih yang dianut," kata Hamdan.
Share on Google Plus

About IMSA Etam

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantap