LightBlog

Silaturahmi Kultural, Catatan Peringatan Harba KB PII Jogjakarta


Alhamdulillah, HARBA PII ke-70 KB PII Yogyakarta Besar, 6 Mei 2017 di Gedung Perjuangan YKU Jalan Mangkuyudan terlaksana dengan lancar dan meriah. Kesederhaan dan kesahajaan nampak jelas dalam suasana HARBA ke 70.
Tema yang di usung adalah Kultural dan Silaturahmi, maksudnya adalah KB PII dan PII harus mengambil peran strategis dalam membangun budaya karakter bangsa terutama budaya karakter pelajar sebagai anak panah peradaban. Sedangkan silaturahmi mengandung makna bahwa kader-kader PII harus mampu mengoptimalkan jejaring yang telah di milikinya untuk ikut membangun NKRI.
Prosesi acara di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars PII dan Mars PII wati. Dengan penuh semangat para peserta HARBA menyanyikan lagu tersebut yang diiringi oleh Organ Tunggal Kang Barzan, guru senior di Sekolah Musik Yogyakarta.
Prof. Dr. Djam’annuri, MA, Guru Besar Fakultas Ushuludin UIN Sunan Kalijaga dalam orasinya menyampaikan pentinganya menajamkan keimanan di era globalisasi, Kata Kang Djam’an, era global cenderung berwajah materialistik, liberal, sekuler dan pragmatis. Oleh karena itu, keimanan harus disemai kembali untuk ikut bertanding berkompetisi di era global ini. Sekitar 200 pesaerta Harba menyimak dengan khidmat orasi Kang Djam’an.
Setelah orasi dilanjutkan dengan pre Lounching Buku Sejuta Kisah “Mereka yang Bergerak di Kanan Jalan” dengan memberikan tiga buku kepada perwakilan dari Peserta HARBA, yaitu Kanda Halimi sebagai Ketua Umum KB PII Yogyakarta Besar, Yunda Mutmainnah sebagai Keluarga Besar PII Wati dan Dedy NS Ketua Umum PII Yogyakarta Besar mewakili PW PII Yogbes.

Di HARBA kali ini juga di dilaksanakan pelantikan Pengurus LBH Catur Bakti Yogyakarta dengan direkturnya Kang Ridwanto, SH,MH, sekaligus dengan peresmian kantor baru. Banyak harapan untuk LBH ini, terutama kiprah nyata bagi masyarakat umum di Jogya yang  membutuhkan bantuan hukum.
Setelah acara pelantikan pengurus LBH Catur Bakti Yogykarta, dilanjutkan paparan proses pembangunan gedung YKU oleh Kanda Sigit Gaurisangkar sebagai ketua panitia pelaksana pembangunan Gedung YKU.
Gedung YKU ini nantinya akan dijadikan pusat kegiatan keumatan, maka perlu peran serta dari seluruh KB PII untuk segera merampungkan proses pembangunannya.
Tentu saja ada pesan dari panitia, bagi yang ingin menyalurkan sebagian hartanya untuk pembangunan Gedung YKU bisa menghubungi Bendahara Panitia Pembangunan yakni melalui Ridwan Irawan (08562877465) atau bisa di transfer langsung ke no. Rek. 709 548 9642 atas nama PANITIA PEMBANGUNAN GEDUNG YKU, Jl. Mangkuyudan No. 34 Yogyakarta.
Acara paparan proses pembangunan Gedung YKU ini sekaligus mengakhir acara resmi HARBA PII Ke 70 KB PII Yogyakarta Besar. Kemudian di lanjutkan dengan acara nostalgia ber PII ria dengan menyanyikan lagu lagu PII; Hymne, Musafir Kelana, Es Lilin dan lagu lagu PII lainya yang membuat kenangan kembali ke jaman aktif di PII dulu.
Suasana Harba kali ini menjadi semakin “mengkultural” dan “mengkuliner” dengan adanya sajian menu masa jadoel. Masing-masing peserta Harba memang diimbau membawa makanan khas dari daerahnya, misalnya; wajik, ketan , tempe bacem, wingko, getuk, nogosari, minuman khas Wonosobo Carica dan lain sebagainya. Acara kuliner diakhiri dengan makan Soto Yu Ririn, mantan aktifis PII Yogbes yang kini berbisnis kuliner Soto Lamongan.

Teryata HARBA kali ini benar-benar menjadi ajang silaturahim dan nostalgia oleh kanda dan yunda KB PII Yogbes. Setelah dari YKU , sebagian besar peserta HARBA melanjutkan acara reunian di Cangkringan, lereng Merapi yakni di kediaamannya Yu Iin. Sambil ngobrol santau dan menikmati dinginnya lereng Merapi, Kanda dan Yunda menikmati lezatnya nasi brongkos.
Tak hanya itu, sebagian dari aktivis PII era 70-an masih melanjutkan kegiatannya di malam hari Untuk mengenang “jaman susah” ketika aktif di kegiatan malam PII era 70-an, yakni dengan santai dan jagongan di angkringan di ex Asdafi.
Jogja memang luar biasa. Maka tidak heran bagi siapa saja yang pernah merasakan hidup belajar dan aktif di Jogja, pasti suatu saat akan menginginkan untuk “Pulang ke Kotamu”.
Semoga HARBA KE 70 PII ini memberikan tonggak kebangkitan bagi PII, Umat Islam Indonesia untuk ikut secara aktif membangun dan mengelola NKRI.
Ridwan Irawan
KB PII Jogjakarta Besar
Share on Google Plus

About IMSA Etam

0 komentar: